INOVASI CAMPUR SARI (CARA AMPUH KURANGI ROKOK DENGAN SATU JARI)

INOVASI CAMPUR SARI (CARA AMPUH KURANGI ROKOK DENGAN SATU JARI)

PETUGAS PROMOSI KESEHATAN BERSAMA PROGRAM AKUPRESUR PUSKESMAS BATURUSA MEMBUAT TEROBOSAN BARU UNTUK MENGURANGI/MENGHENTIKAN MINAT MEROKOK MEROKOK BAGI PEROKOK DAN DIHARAPKAN DAPAT MENURUNKAN INDIKATOR PHBS DI RUMAH TANGGA (TIDAK MEROKOK DI DALAM RUMAH) DENGAN INOVASI CAMPUR SARI (CARA AMPUH KURANGI ROKOK DENGAN SATU JARI)

 

    

                                                                                                                                               

Baturusa – petugas promosi kesehatan bersama program akupresur puskesmas baturusa membuat terobosan baru untuk mengurangi/menghentikan minat merokok merokok bagi perokok dan diharapkan dapat menurunkan indikator phbs di rumah tangga (tidak merokok di dalam rumah) dengan inovasi CAMPUR SARI (Cara Ampuh Kurangi Rokok Dengan Satu Jari).

 

Kepala Puskesmas Baturusa, Tafwid mengatakan rokok itu lebih banyak mudharatnya (dampak negatifnya) dari pada dampak positifnya. Apabila dibiarkan terus berlangsung, maka akan mengakibatkan permasalahan yang serius pada kesehatan tubuh manusia. Dan seharusnya masyarakat sadar akan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh mereka, namun hal itu masih sulit dilakukan.

 

Promkes puskesmas Baturusa Hildanila, SKM mengatakan bahwa Inovasi CAMPUR SARI ini bertujuan mengurangi angka merokok sehingga dapat menurunkan angka cakupan penderita PTM terutama Hipertensi, Diabetes Melitus, jantung dan meningkatkan Cakupan Indikator Rumah Tangga Ber-PHBS.

 

Setelah dilakukan Inovasi Campur Sari di setiap kegiatan di lapangan baik di posyandu balita, posyandu lansia, posbindu dan kegiatan penyuluhan di masyarakat ternyata hasil dari survei PHBS pada indikator merokok dari tahun 2021 mengalami kenaikan yang signifikan yaitu 3,7% tahun 2022. Ini membuktikan bahwa Inovasi Campur Sari memberikan dampak yang positif bagi masyarakat terutama kesadaran akan bahaya merokok, Ujar Hildanila.

 

 

Bagian Postingan Ini

Komenetar (1)

  • 2023-06-21 15:19:04

Tinggalkan komentar